Cara Ternak Burung Hantu

Written By Administrator on Rabu, 14 Januari 2015 | 23.56

Breeding burung hantu atau ternak burung hantu memang masih jarang di lakukan di indonesia. Namun jelas, burung hantu bisa membantu petani dalam mengatasi hama tikus atau ular yang menyerang ladang atau sawahnya. Beberapa daerah di indonesia sudah melakukan cara ini. Para petani biasanya menempatkan beberapa owl box (kandang khusus burung hantu) di ladangnya untuk menekan populasi tikus dan hama ladang lainnya. Dengan alasan inilah, burung hantu mulai diternakkan oleh manusia. Burung hantu yang digunakan untuk mengusir hama tikus dan ular pada ladang dan sawah adalah burung hantu jenis barn owl. Cara memelihara burung hantu jenis barn owl bisa baca di artikel cara memelihara barn owl.

Cara merawat barn owl di artikel tersebut adalah memelihara barn owl untuk tujuan hobi dan hanya ditujukkan untuk satu ekor barn owl saja. Jika anda inginbeternak burung hantu, anda bisa mengikuti beberapa panduan ternak burung hantu berikut ini. Inilah beberapa cara ternak burung hantu.
  • Seperti saya tulis di artikel siklus hidup burung hantu, burung hantu adalah hewan soliter. Mereka biasanya hidup sendiri hingga musim kawin tiba.Untuk itu, satu owl box hanya boleh ditempati oleh satu burung hantu. Cara membuat owl box bisa anda baca di artikel cara membuat kandang khusus burung hantu.
  • Tempatkan dua atau tiga owl box yang terdiri atas 2 burung hantu betina dan 1 burung hantu jantan di sebuah aviari (kandang permanen besar).Cara membedakan jenis kelamin burung hantu bisa anda baca di artikel bedanya burung hantu jantan dan betina. Bagian atas aviari hendaknya dilindungi pelindung baik itu berupa asbes dan semacamnya.
  • Beri makan burung hantu 3 kali sehari menurut jenis makanannya masing-masing. Makanan burung hantu berbeda setiap jenisnya. Makanan burung hantu bisa anda ketahui dengan membaca makanan burung hantu menurut jenis burung hantu. Pagi dan siang hari beri makanan secukupnya, dan agak banyak diberikan pada malam hari. Perlu saya beritahukan bahwa makanan terbaik untuk burung hantu adalah pakan mentah atau pakan hidup. Saat pemberian pakan, sebaiknya anda sendiri yang masuk ke aviari untuk memberi pakan. Pancing agar burung hantu mau terbang ke arah anda, menghampiri mangsanya. Dengan cara begitu, burung hantu yang dipelihara akan mengenal anda dengan baik.
  • Tempatkan wadah besar berisi air mineral di dalam aviari. Burung hantu yang dipelihara berkoloni di dalam aviari biasanya akan belajar minum sendiri.
  • Kenali tanda-tanda penyakit pada burung hantu. Anda bisa membaca artikel saya tentang jenis penyakit pada burung hantu.
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

 
Support : Merawat Burung Hantu
burung hantu celepuk, cara merawat burung hantu, memelihara burung hantu, menjinakkan burung hantu, burung hantu, makanan burung hantu, jenis-jenis burung hantu, harga burung hantu
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger