Makanan Burung Hantu

Written By Administrator on Rabu, 14 Januari 2015 | 23.37

Burung hantu adalah jenis burung pemburu (bird of prey, BOP) yang banyak dipelihara oleh para pecinta burung hantu. Dari jenisnya yang bermacam-macam, banyak pula jenis makanan untuk burung hantu tersebut. Jenis makanan burung hantu umumnya berupa daging mentah yang masih segar, serangga, ataupun ikan.

Berikut adalah jenis-jenis burung hantu serta jenis burung hantu dan jenis makanan burung hantu

1. Makanan burung hantu celepuk (javan scoop owl)

Makanan burung hantu celepuk adalah jangkrik. Anda juga bisa memberikan bayi tikus putih (pinkies) untuk pakan burung hantu celepuk. Bagi anda yang tertarik untuk memelihara celepuk, anda bisa membaca artikel tentang cara memelihara celepuk.

2. Makanan burung hantu javan owlet

Burung hantu jenis javan owlet memiliki tingkat stress yang sedikit lebih tinggi dibandingkan burung hantu celepuk dan burung hantu oriental bay owl. Pastikan anda menempatkan perch (tenggeran) burung hantu javan owlet ini ditempat yang tenang serta bersuhu ruangan. Makanan utama burung hantu javan owlet adalah jangkrik dan burung kecil.

3. Makanan burung hantu oriental bay owl

Sebenarnya, jenis makanan untuk burung hantu jenis oriental bay owl hampir sama dengan makanan untuk burung hantu javan owlet. Namun, burung hantu jenis oriental bay owl sebaiknya diberikan pakan hidup berupa pinkies (bayi tikus putih) yang sedikit dilukai kemudian ditempatkan di dalam dus bekas mie instan bersama burung hantu oriental bay owl anda kemudian ditutup. Biarkan burung hantu tersebut berburu sesuai dengan instingnya. Selain mengasah insting burung hantu oriental bay owl peliharaan anda agar tidak manja, cara pemberian pakan seperti ini juga cenderung lebih praktis dibanding anda harus memotong-motong pinkies tersebut dan memberikannya ke burung hantu anda. Anda juga tetap bisa memberikan jangkrik kepada burung hantu oriental bay owl anda sehari dalam seminggu. Selain kedua makanan burung hantu oriental bay owl diatas, anda juga bisa memberikan burung emprit sebagai makanan burung hantu bay owl anda.

4. Makanan burung hantu brown hawk owl

Berdasarkan tingkat kesulitannya, burung hantu brown hawk owl adalah jenis burung hantu yang masuk ke kategori medium, yaitu berada di tingkat pertengahan dalam kategori kesulitan memeliharanya. Artinya, ada beberapa poin yang harus diperhatikan baik-baik untuk memelihara burung hantu brown hawk owl ini. Hal utama yang harus diperhatikan dalam memelihara burung hantu brown hawk owl adalah pemberian pakan yang tepat waktu serta tidak berubah-ubah jenis pakannya, suhu udara, dan tempat yang tenang. Hal-hal tersebut untuk mencegah stress pada burung hantu brown hawk owl yang merupakan penyebab utama kematian burung hantu brown hawk owl. Makanan utama burung hantu brown hawk owl adalah burung emprit, tikus putih, jangkrik, dan anak ayam.

5. Makanan burung hantu barn owl

Burung hantu barn owl memang jenis burung hantu yang memiliki corak bulu yang indah dan memiliki perawakan yang kekar dan gagah. Karena hal tersebut, burung hantu barn owl banyak dipelihara. Namun dari banyak burung hantu barn owl yang dipelihara, 80% burung hantu barn owl yang dipelihara berakhir dengan kematian. Tingkat stress yang tinggi serta sistem pencernaan yang relatif lebih komplek membuat burung hantu barn owl tidak cocok dipelihara oleh pemula. Jika anda termasuk pemula dalam memelihara burung hantu atau bahkan belum pernah memelihara burung hantu, saya menyarankan untuk tidak memelihara burung hantu barn owl. Makanan burung hantu barn owladalah daging segar, burung kecil, dan anak ayam. Cara memelihara barn owl bisa dibaca di artikel cara memelihara barn owl.

6. Makanan burung hantu buffy fish owl

Burung hantu buffy fish owl adalah jenis burung hantu yang cocok dipelihara oleh orang yang sudah sangat berpengalaman dalam memelihara burung hantu. Level atau tingkat kesulitan memelihara burung hantu buffy fish owl berada di tingkat lanjut (advanced), khusus orang yang sudah memiliki 'jam terbang' yang tinggi dalam memelihara burung hantu. Pakan untuk jenis burung hantu buffy fish owl adalah ikan kecil, tikus putih, burung emprit, dan anak ayam.

7. Makanan burung hantu spotted wood owl

Sama seperti burung hantu buffy fish owl, cara memelihara burung hantu spotted wood owl masuk ke tingkat advanced dalam tingkat kesulitan memeliharanya. Saya amat tidak menyarankan burung hantu spotted wood owl dipelihara oleh pemula dalam memelihara burung hantu. Makanan burung hantu spotted wood owl adalah burung emprit, tikus putih, dan anak ayam.

8. Makanan burung hantu barred eagle owl

Burung hantu barred eagle owl adalah jenis burung hantu yang paling susah dari semua burung hantu yang dibahas di artikel ini. Diperlukan ketelatenan untuk memelihara burung hantu barred eagle owl. Jenis pakan untuk burung hantu barred eagle owl hendaknya yang benar-benar segar.Makanan utama burung hantu barred eagle owl adalah burung emprit, tikus putih, dan anak ayam

Dari artikel diatas dapat disimpulkan bahwa memelihara burung hantu memerlukan ketelitian, ketelatenan, serta ketekunan, terutama untuk burung hantu yang memiliki tingkat kesulitan memelihara berada di tingkat advanced.

Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

 
Support : Merawat Burung Hantu
burung hantu celepuk, cara merawat burung hantu, memelihara burung hantu, menjinakkan burung hantu, burung hantu, makanan burung hantu, jenis-jenis burung hantu, harga burung hantu
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger