Mengobati Mencret Pada Burung Hantu

Written By Administrator on Kamis, 15 Januari 2015 | 00.01

Mencret pada burung hantu adalah gejala burung hantu sakit. Mencret juga biasanya diiringi dengan burung hantu mogok makan dan tampak murung. Artikel kali ini akan coba membahas cara menyembuhkan mencret pada burung hantu. Anda juga bisa membaca mengenai penyakit-penyakit burung hantu lainnya dengan membaca artikel jenis penyakit pada burung hantu.

1. Penyebab Mencret Pada Burung Hantu.

Sebab utama burung hantu yang menderita mencret karena kurang terjaganya kebersihan makanan yang diberikan kepada burung hantu. Hal tersebut menyebabkan masuknya bakteri dan kuman yang kemudian menyebabkan mencret pada burung hantu. Bakteri yang menyebabkan mencret pada burung hantu adalah bakteri chlamydia.

2. Ciri Burung Hantu Yang Mencret.

Mencret pada burung hantu biasanya ditandai dengan kotoran burung hantu yang tampak cair dan berwarna mencolok. Normalnya, feses burung hantu sehat mayoritas berwarna hijau tua atau coklat tua (feses burung hantu), sedikit bagian putih (asam urin burung hantu), ada cairan bening seperti lendir di sekitar bagian coklat tua/hijau tua dan putih tersebut (urine burung hantu), dan ada bau yang khas. Makin banyak bagian bening berupa lendir di feses tersebut, berarti juga si burung hantu banyak minum air.

Burung hantu yang menderita mencret biasanya tidak lagi memiliki bagian hitam dan putih di fesesnya. Warna feses burung hantu yang mencret biasanya hanya satu warna saja. Kadang, warna kuning tersebut bercampur dengan warna putih atau umum disebut asam urine.

3. Mengobati Mencret Pada Burung Hantu.

Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mengobati mencret pada burung hantu:

Cara pertama, menggunakan antibiotik alami yaitu air seduhan daun sirih.

Selain bisa menyembuhkan ngorok pada burung perkutut, air seduhan daun sirih juga merupakan antibiotik alami yang bisa digunakan untuk mengobati mencret pada burung hantu. Seduh 3 lembar daun sirih dengan menggunakan 300ml air mendidih, tutup rapat hingga air menjadi dingin, kemudian minumkan kepada burung hantu yang mencret dengan dosis 3 kali sehari.

Cara kedua, menggunakan amoxicillin.

Amoxicillin mampu membunuh bakteri chlamydia penyebab mencret pada burung hantu. Cara menyembuhkan mencret pada burung hantu menggunakan amoxicillin adalah dengan memotong 1 tablet amoxicillin menjadi 5 bagian, ambil satu bagian, tumbuk hingga halus, lalu campurkan dengan 6 sendok makan air mineral. Minumkan larutan tersebut ke burung hantu yang mencret selama 3 hari sekali.

Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

 
Support : Merawat Burung Hantu
burung hantu celepuk, cara merawat burung hantu, memelihara burung hantu, menjinakkan burung hantu, burung hantu, makanan burung hantu, jenis-jenis burung hantu, harga burung hantu
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger